Sabtu, 06 Januari 2018

Pengertian Masing-masing dari Internet dan Intranet

Pengertian internet dan intranet – Internet dan intranet sekilas kedua kata ini tampak sama namun ternyata kedua kata ini memiliki pengertian yang berbeda. Internet menggunakan kata “inter” yang berarti antar / (di) antara, sedangkan intranet menggunakan kata “intra” yang berarti di dalam. Agar lebih paham mari kita lihat penjelasan di bawah ini.


Pengertian internet

Internet adalah sistem global yang menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dimana jaringan komputer tersebut memiliki dan menggunakan TCP/IP (internet protocol) yang valid. Internet terdiri dari berbagai macam jaringan komputer seperti jaringan private, jaringan publik, jaringan akademik, jaringan bisnis, maupun jaringan pemerintah. Internet bisa dihubungkan melalui teknologi optical, wireless, ataupun teknologi elektronik.

Semua informasi yang beredar di internet sifatnya bebas. Semua orang bisa mengakses maupun mengunggahnya. Namun pemerintah masing-masing negara memiliki kuasa untuk membatasi penggunaan internet. Contohnya saja di Indonesia yang membatasi akses internet pada konten-konten yang bersifat pornografi dan kekerasan.


Setiap komputer yang terhubung dengan internet memiliki alamat IP masing-masing sebagai tanda identifikasi. Alamat IP ini berupa serangkaian angka contohnya 010.10.22.333 yang menandakan dimana lokasi komputer tersebut berada.


Pengertian intranet

Intranet adalah jaringan private yang hanya bisa diakses oleh segelintir orang saja. Contohnya data informasi yang ada dalam sistem internal IT sebuah perusahaan yang hanya bisa diakses oleh karyawan perusahaan tersebut saja dan tidak tersedia bagi masyarakat umum meskipun jaringan perusahaan terhubung dalam internet.

Tiap komputer dalam intranet juga memiliki IP unik masing-masing yang sudah terdaftar. Jadi jika ada komputer dengan IP asing berusaha masuk ke dalam jaringan intranet atau ke situs host intranet, komputer tersebut akan ditolak aksesnya. Kecepatan akses data dalam jaringan intranet tentu saja lebih cepat daripada internet karena data disimpan lokal dalam server perusahaan, tidak tersebar luas di berbagai server di penjuru dunia seperti internet. Intranet adalah cara yang aman untuk berbagi file, material, dan folder karena penggunaan intranet hanya dibatasi dalam perusahaan atau organisasi.

Kesimpulan dari pengertian internet dan intranet adalah internet bisa diakses siapa saja dari seluruh dunia, sedangkan intranet hanya bisa diakses oleh user yang sudah diverifikasi dan diautentikasi oleh host server.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar