Sabtu, 06 Januari 2018

Pengertian Processor dan Komponen Utamanya

Memahami lebih dalam mengenai pengertian processor akan membantu anda untuk mengerti tentang fungsi processor itu sendiri. Sebagai komponen penting dalam sebuah komputer maka processor adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan penggunaannya untuk berbagai sistem yang ingin dilakukan berdasarkan instruksi yang telah diberikan.

 Pengertian Processor Dalam Sebuah Komputer
Pada dasarnya pengertian processor adalah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sistem komputer sebagai pusat otak sebuah komputer. Fungsinya adalah untuk memperhitungkan dan menjalankan tugas dari instruksi yang diberikan. Letak dari processor ini berada di motherboard yang harus disesuaikan dengan soket processornya. Sehingga dengan tempat pemasangan yang tepat maka jalannya fungsi juga akan bisa dilakukan dengan maksimal.

Ada berbgai jenis processor yang bisa digunakan dan perlu anda kenali dengan baik persatu-satu jenisnya agar tidak sampai salah dalam memilih dan memasangkannya. Bisa dikatakan untuk kualitas processor yang terbaik memang agak sedikit relatif lebih mahal, tetapi tentu sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan dari penggunaan processor tersebut.

Pengertian Processor Untuk Masing-Masing Fungsinya
Tentu dari pengertian yang sudah dipaparkan anda sudah mengetahui bahwa processor adalah komponen atau otak utama dari komputer yang digunakan. Dalam fungsinya terdapat tiga bagian penting dari processor yaitu :
  • Arithmatic and Logical Unit (ALU) yang melakukan semua perhitungan matematika, selain itu error warning yang muncul juga dilakukan oleh ALU sebagai bagian dari logika komputer atau pengambil keputusan
  • Control Unit merupakan bagian yang melakukan kontrol terhadap sistem komputer secara keseluruhan. Kemudian monitor akan menampilkan hasil outputnya dan harddisk menyimpan data hasil tersebut
  • Register ada tempat untuk antri data yang akan diproses sebelum masuk ke memori utama, meskipun penyimpanannya kecil namun kecepatan yang dimiliki cukup tinggi
Dari komponen utama yang ada dalam sebuah processor anda bisa mendapatkan hasil dan memudahkan berbagai instruksi yang diberikan. Maka sistem dari pengertian processor yang dilengkapi berbgai komponen utama tersebut membuat anda bisa melakukan apa saja dengan menggunakan komputer.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar