Senin, 09 Juli 2018

Tips Memilih Bengkel Motor Yamaha

Pada saat anda akan melakukan perjalanan jauh misalnya mudik atau hanya sekadar mengunjungi kampung halaman, maka anda akan memastikan bahwa motor yang anda kendarai kondisinya masing baik-baik saja, jika tidak maka sebaiknya anda membawa motor tersebut ke bengkel yamaha terdekat untuk dilakukan pengecekan atau pemeriksaan secara menyeluruh.


Hal itu sangat penting dilakukan agar pemakaian motor tetap optimal saat dijalankan, dan agar tidak ada kendala di perjalanan baik pergi maupun pulang. bengkel yang tepat akan melakukan service yamaha dengan tepat. Dalam memilih bengkel yang cocok memang terkadang tidak mudah, karena setiap bengkel memberikan servis yang berbeda-beda.

Tips Memilih Bengkel Motor Yamaha Yang Tepat Dan Cocok

1.    Bengkel resmi

Jika anda ragu dengan bengkel yang ada di sekitar lokasi anda, maka sebaiknya anda memilih bengkel resmi yamaha saja. Karena bengkel resmi sudah menjadi sub-bagian operasional dari dealer, atau pihak ATPM yang berfungsi sebagai unit layanan aftersales untuk mendukung sistem msrketingnya.

Segala jenis kebijakan yang dibuat di bengkel resmi, biasanya tergantung pada perusahaan atau dealer yang bersangkutan. Bengkel resmi ini khusus untuk pabrikan motor tertentu misalnya yamaha, yang memiliki tujuan untuk menjaga kualitas pelayanan dari bengkel resmi tersebut dan sebagai purna jual untuk setiap konsumen motor yamaha.

Mengapa lebih baik di bengkel resmi, karena mekanik di bengkel resmi memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup dalam memperbaiki motor dan spesifikasi dari motor tersebut. teknologi dan perlatannya pun lebih canggih dibanding bengkel umum. Sehingga para mekanik menggunakan special tools yang berbeda dari bengkel umum kebanyakan.

2.    Bengkel umum

Melakukan yamaha service motor di bengkel umum juga bisa saja dilakukan, apalagi jika bengkel tersebut sudah menjadi langganan anda. Sehingga sudah paham tentang penyakit yang biasa terdapat pada motor yamaha anda. Bengkel umum tidak condong pada satu jenis pabrikan motor tertentu, segala jenis motor bisa diperbaiki di bengkel tersebut.

Perbedaan bengkel resmi dengan bengkel umum adalah, bengkel umum bebas menentukan prosedur perbaikannya seperti apa, bebas memilih toolkit yang dibutuhkan, dan bebas juga dalam menjual suku cadang asli atau aftermarket. Meskipun semuanya terserah pada konsumen, mau menggunakan suku cadang asli atau aftermarket di bagian sparepartnya.

Biasanya bengkel umum juga banyak di daerah yang jauh dari perkotaan, sehingga bengkel ini lebih mudah dijangkau dibanding dengan bengkel yamaha yang banyak di daerah perkotaan. Ada banyak bengkel di berbagai daerah, sehingga anda tidak akan menemukan antrian yang panjang.

3.    Bengkel spesialis

Bengkel yang satu ini biasanya memiliki mekanik yang lebih berpengalaman, dengan suatu pabrikan atau merk motor tertentu contohnya yamaha. Mekanik di bengkel spesialis juga biasanya lebih mengetahui sparepart yang langka atau unik, yang sulit ditemukan. Sehingga konsumen tidak khawatir tentang keberadaan sparepart yang motornya butuhkan. 

Peralatan yang digunakan oleh para mekaniknya pun kurang lebih sama dengan yang digunakan di bengkel resmi. Walaupun terbilang bengkel yang lengkap, sayangnya jenis bengkel spesialis ini cukup jarang ditemukan. Baik di daerah maupun di perkotaan, sehingga orang-orang lebih memilih datang ke bengkel resmi.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar