Senin, 17 Desember 2018

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Over Kredit Mobil dan Motor

Tahukah Anda bahwa ada cara kredit mobil yang memungkinkan seseorang melanjutkan kredit orang lain? Ya, metode yang lebih akrab dikenal dengan nama over kredit ini umumnya diambil mereka yang ingin mempunyai motor atau mobil dengan prosedur mudah.


Over kredit sendiri biasanya datang dari nasabah yang sudah tak sanggup melanjutkan pembayaran angsuran kredit. Walau terdengar menarik, prosedur metode kredit mobil ini perlu diketahui dulu supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman atau kendala di kemudian hari.

Bagaimana cara kerja over kredit kendaraan?

Dalam over kredit, akan ada pihak pertama yang mempertemukan calon pembeli baru dengan mobil atau motor yang mengalami over kredit. Pihak pertama lantas mengajak calon pembeli ke tempat leasing untuk mengurus penggantian data. Ketiga pihak yang terlibat dalam pengurusan kredit mobil tersebut juga harus patuh pada aturan yang telah diberlakukan. Sebagai bentuk kesepakatan resmi, sejumlah surat atau dokumen disiapkan yang nantinya ditandatangani bersama.

Apa saja syarat dan ketentuan over kredit kendaraan?

Seperti jenis kredit mobil lainnya, over kredit motor dan mobil umumnya mengharuskan pengaju untuk memberikan bukti-bukti cetak. Antara lain bukti pembayaran cicilan, tahun produk kendaraan (umumnya harus di atas 2005), serta memastikan BPKB keluar begitu lunas. Kemudian, untuk motor, sisa pembayaran maksimal setidaknya harus 6 kali lipat bayar. Alternatif lainnya adalah sisa pokok angsuran harus bisa ditutup dengan pertimbangan dari pihak leasing. Selain itu, pelat nomor juga wajib sesuai dengan domisili tempat leasing maupun pemiliknya.

Bagaimana dengan kredit mobil? Pastikan sisa pembayaran maksimalnya menyentuh 12 kali lipat bayar. Pihak leasing bisa menentukan sisa pokok angsurannya sesuai ketentuan yang mereka tetapkan. Seperti halnya motor, pelat nomor yang terpasang pada mobil harus sesuai domisili pemilik kendaraan dan pihak leasing yang mengurusnya.

Jika semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, pastikan perjanjian pembayaran yang disepakati semua pihak berada di bawah kontrak hukum. Dengan demikian metode kredit mobil yang Anda pilih tersebut berjalan lancar dan aman.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar